Kematian itu Pasti

by - November 17, 2011

Setelah kemarin bersama beberapa sahabat membahas tentang kematian, saya jadi berpikir, selama lebih dari dua puluh tahun ini, apa yang sudah saya lakukan. Apa yang sudah saya persiapkan untuk menjemput kematian saya. Takut, gusar, dan galau kalau kata anak2 jaman sekarang.

Yang tidak dapat saya hindari dan harus senantiasa saya yakini adalah bahwa kematian itu pasti. Seperti janji Allah pada QS. 29:57, “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kemudian hanyalah kepada Kami kamu dikembalikan.”

Dan kita tidak bisa lari ataupun sembunyi. "Katakanlah: Sesungguhnya kematian yang kamu lari daripadanya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kamu, kemudian kamu akan dikembalikan kepada (Allah), yang mengetahui yang gaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.”(QS. 62:8)

Kematian itu semakin dekat.. dekat.. dan dekat.. Yang bisa kita lakukan adalah memperbaiki diri dan mempersiapkan bekal yang cukup untuk kehidupan yang abadi nanti. Dan terus berdoa semoga jalan ini selalu berada di jalan-Nya.



"Ya Allah,
Jadikanlah sebaik-baik umurku pada ujungnya dan sebaik-baik amalku pada akhir hayatku, dan (jadikanlah) sebaik-baik hariku yaitu hari ketika aku bertemu dengan-Mu (di hari kiamat)"

(HR. Ibnus Sunny)



You May Also Like

0 comments